Beranda

Tentang PKVHI

Konseling Tools

Organisasi dan Layanan

PKVHI WILAYAH JAWA TENGAH BERSAMA FKG UNISSULA MENYELANGGARAKAN WEBINAR “TANTANGAN KONSELING DAN TES HIV DIMASA PANDEMI COVID-19”

PESERTA ANTUSIAS, PENDAFTARAN TUTUP LEBIH AWAL KARNA MELEBIHI KUOTA

 

 

PKVHI MEDIA NETWORK. 

Kondisi Pandemi Covid-19 yang masih terus berlangsung dimana Provinsi Jawa Tengah menempati urutan keempat dengan jumlah 1.915 kasus terkonfirmasi (809 diantaranya masih dalam perawatan, 968 sembuh, dan 138 meninggal).  Sedangkan Pasien dalam pemantauan di Jawa Tengah tercatat sebanyak 6.718 pasien (996 dirawat, 4.77 sembuh, dan 945 meninggal). Sedangkan untuk orang dalam pemantauan (ODP) sebanyak 42.521 (1.817 diantaranya dalam pemantauan dan 40.704 selesai pemantauan).

 

Kondisi ini juga berdampak terhadap pelaksanaan Konseling dan Tes HIV khususnya yang menjadi tugas konselor HIV dan Tenaga Kesehatan. Beberapa daerah melaporkan kasus terkonfirmasi Covid-19 pada Odha, dan beberapa daerah juga melaporkan meningkatnya kecemasan pada Odha dengan adanya pandemi ini.

 

Untuk menyikapi situasi ini, PKVHI selaku wadah pembinaan konselor HIV Indonesia  perlu memberikan bekal pengetahuan dan wawasan terhadap tantangan tersebut, untuk itu PKVHI Pusat sebagai organiasasi Induk Konselor HIV mendorong PKVHI Wilayah untuk melaksanakan pembinaan khususnya kepada para konselor diwilayahnya berupa  peningkatan wawasan terhadap permasalahan dilapangan yang saat ini masih berkembang, dengan memanfaatkan teknologi informasi dalam bentuk webinar dengan tema “Tantangan Konseling dan Tes HIV di Masa Pandemi Covid-19”

 

PKVHI Wilayah Jawa Tengah bekerjasama dengan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Sultan Agung Semarang menjadwalkan pelaksnaan Webinar tersebut pada hari Sabtu Tanggal 4 Juli 2020 yang akan datang, dimana peserta yang mendaftar dan mengikuti secara penuh Webinar ini akan di berikan e-sertifikat oleh PKVHI Pusat. Dengan Kuota 300 Peserta yang di targetkan pada hari pertama Pendaftaran dibuka secara online, jumlah perserta yang mendaftar telah memenuhi target dan melebih kuota yang sediakan.I ni menunjukan bahwa para konselor dan petugas kesehatan maupun pemerhati ODHA dan HIV sangat antusias mendapatkan kesempatn mengikuti kegiatan ini. Meskipun link pendaftaran on line telah ditutup, bagi yang ingin mengikuti webinar tersebut secara langsung dapat menyaksikan di kanal youtube Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Sultan Agung Semarang secara live mulai jam 9.00 WIB sampai 13.00 WIB.

 

Dari Peserta yang telah mendaftar sebagian besar berasal dari Peserta dari Wilayah Jawa Tengah dan selebihnya tersebebar dari daerah sekitar Jawa hingga Sulawesi, dan Sumatera, dimana sebagian besar adalah Petugas Kesehatan yang bersentuhan langsung dengan Pasien HIV dan ODHA.

 

Webinar ini akan menampilkan Narasumber dibidangnya  dari Majelis Pertimbangan Organisasi PKVHI Bapak dr. Sigit Priohutomo, MPH yang juga pernah menjabat sebagai Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kesehatan, Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan akan membawakan topik Protokol Konseling dan Tes HIV di masa pandemi Covid 19 Sebaagai Pembicara Kedua Pada Webinar ini akan menampilkan topik Mengenal HIV dan Covid 19  dari sisi klinis” yang akan dibawakan oleh Dr. dr. Muchlis Achsan Udji Sofro, Sp.PD-KPTI, FINASIM yang merupakan Kepala Kelompok Staf Medis Penyakit Dalam

 

RSUP. Dr. Kariadi Semarang, serta terakhir menampilkan drg. Rochman Mujayanto, Sp.PM Dosen Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Islam Sultan Agung dengan topik yang menarik bagi para konselor dan petugas kesehatan yang sehari hari bertugas melayani pasien dan resiko HIV AIDS denagn topik Monitoring Kesehatan ODHA menggunakan Aplikasi  WhatsApp: Lesi Rongga Mulut & Jumlah CD4. Webinar ini akan di moderatori oleh Ika Ayu Haryatmi, S.K.M., M.Kes yang merupakan penggiat HIV AIDS dan  Kesehatan Masyarakat di Semarang, Jawa Tengah.